Virus corona atau Novel Coronavirus yang mewabah di Wuhan, China telah menggegerkan masyarakat dunia, karena penyebaran virus ini sangat cepat dan banyak memakan nyawa. Virus mematikan tersebut memang tidak mengenal usia, mulai anak-anak sampai dewasa bisa terjangkit penyakit ini. Namun, bagaimana dampak wabah berbahaya ini jika menyerang ibu yang sedang mengandung? Sebab, apapun jenis virusnya, bisa memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Kekhawatiran ibu hamil meningkat dua kali lipat sejak kasus virus Corona yang menyebar ke seluruh dunia. Pasalnya tak hanya mengkhawatirkan diri sendiri, ibu yang sedang hamil juga memiliki tanggung jawab berupa janin yang ada di dalam rahimnya. Jika sampai virus masuk ke tubuh Bunda, bukan tak mungkin ada sesuatu yang juga ikut terjadi kepada si calon bayi. Bayangan-bayangan buruk pun akhirnya menghantui apalagi mendengar kabar bahwa virus sudah merebak di berbagai penjuru dunia.

Akan tetapi hingga saat ini belum ada laporan mengenai ibu hamil yang terjangkit virus yang satu ini. Namun perlu diingat, virus yang disebut dengan novel coronavirus tetap berpotensi mengenai siapa saja. Makanya, Bunda tetap perlu waspada.

Namun jangan khawatir, untuk mencegah penularan virus Corona pada ibu hamil dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Berikut Kehamilan Sehat merangkum dari berbagai sumber mengenai cara dan langkah-langkah tepat bagi Bunda yang sedang hamil agar terhindar dari virus mematikan ini.

Cara menghindari virus Corona tsb, diantaranya :

  1. Menutup hidung menggunakan tangan atau tisu saat bersin.
  2. Membuang tisu yang dipakai sehabis bersin atau flu langsung ke tempat sampah.
  3. Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin.
  4. Hindari berdekatan dengan orang yang terkena batuk dan pilek agar tidak tertular.
  5. Jika memang diharuskan bertemu dengan orang yang sedang sakit, gunakan masker agar tidak tertular.
  6. Memeriksakan diri ke dokter, jika merasa mengalami gejala gangguan pernapasan setelah melakukan perjalanan.
  7. Memasak telur, ayam, daging, dan bahan pangan hewani lainnya harus benar-benar matang.
  8. Menjaga kebersihan diri dan makanan yang dikonsumsi.

Sekian pembahasan Mimin mengenai pencegahan virus Corona, untuk Bunda yang sedang hamil harap waspada ya karena perempuan yang sedang mengandung begitu sangat rentan dan dikhawatirkan terserang virus Corona. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh Ibu Hamil mudah menurun.

Dikutip dari UNICEF, ada beberapa hal mengenai virus Corona yang wajib Bunda perhatikan antara lain :

  1. Penularan Virus Corona

Virus ini dapat ditularkan melalui kontak langsung seperti menyentuh permukaan benda yang terkena air liur, percikan benda / bersin dari orang yang terinfeksi atau terkontaminasi.

*Jaga jarak setidaknya tiga kaki antara mereka dan orang-orang yang batuk, bersin, dan demam ya Bun..

  1. Gejala – Gejala Virus Corona

Gejala virus Corona dapat berupa demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, infeksinya dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernafas.

  1. Tindakan Pencegahan yang dapat Dilakukan
  • Cuci tangan sesering mungkin menggunakan air dan sabun kurang lebih 20 detik.
  • Tutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan lengan.
  • Selalu bawa dan gunakan hand sanitizer.
  • Gunakan tisu kemudian buang ke tempat sampah segera setelah bersin.
  • Jangan sembarangan menyentuh mata atau mulut.
  1. Masker tidak dapat Mencegah virus Corona

Masker belum tentu dapat mencegah virus Corona. Jika Bunda tidak memiliki gejala batuk atau flu maka tidak perlu memakai masker. Mencuci tangan sebenarnya lebih penting. Tapi jika Bunda sudah mengalami batuk atau bersin, disarankan agar Bunda mengenakan masker medis ya agar orang lain tidak ikut terpapar bersin.

  1. Dapatkah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona pada Janinnya?

Untuk saat ini, belum ada bukti kuat yang mendukung apakah virus tsb dapat ditularkan dari iu ke janin yang dikandungnya.

  1. Obat untuk Mengobati Virus Corona

Sampai saat ini, belum ada obat khusus untuk mencegah atau mengobati virus Corona baru. Hal terbaik yang dapat Bunda lakukan adalah mempraktekkan kebersihan dasar seperti sering cuci tangan dan dilakukan dengan cara yang benar.

Semoga infonya bermanfaat ya Bun. Nantikan informasi selanjutnya. Jangan lupa follow IG dan FB Kehamilan Sehat ya..

Source :

Popmama
Youtube UNICEF